Monday, October 25, 2010

Apakah Anda Punya Tuhan ? (1)


Manusia yang dianugerahi Tuhan kehendak bebas, mencapai titik absolut hingga manusia dapat mengklaim memiliki Tuhan......

Suatu ketika seorang guru bertanya kepada muridnya,"Apakah anda punya Tuhan ?" Dengan sedikit keheranan si murid menjawab,"Ya,  saya punya Tuhan !" Kemudian sang guru berujar,"Kalau saya tidak punya Tuhan". Si murid makin heran, padahal selama ini gurunya selalu mengajarkan tentang Tuhan. Bahkan menurut keterangan gurunya, seluruh keberadaan ini merupakan manifestasi dan kehadiran dari Tuhan itu sendiri. Tapi, kenapa sekarang malah dia berkata seperti itu. "Apakah sang guru sudah menjadi ateis ?", gumam si murid di dalam hatinya.

Dengan nada masygul si murid berkata kepada gurunya,"Apa maksud pernyataan guru tidak punya Tuhan itu ?" Sang guru dengan tenang kemudian menjawab,"betul bahwa kita tidak punya Tuhan, tetapi sebaliknya Tuhanlah yang memiliki kita." Melalui penjelasan yang singkat itu, sekarang si murid mulai paham dan lebih tenang pikirannya. 

Selanjutnya sang guru mengatakan, kalau kita yang memiliki Tuhan berarti Dia yang tak terbatas itu bisa kita kuasai dan kita atur sesuai dengan kemauan kita. Jadi yang berkuasa bukan Tuhan, tetapi kita. Padahal, kita meyakini bahwa Tuhan itu Maha Kuasa dan Maha Berkehendak atas segala sesuatu.  Dengan demikian, berarti Dia-lah yang punya Anda dan bukan sebaliknya.

Dalam filsafat irfan Tuhan disebut Ada (wujud) dan selain Ada adalah ketiadaan. Jadi yang ada hanya Sang Ada. Dan segala sesuatu tak lain adalah manifestasinya, sehingga tak layak menyatakan dirinya ada di hadapan Sang Ada. Apalagi mengklaim sebagai pemiliki Sang Ada itu, padahal keberadaanya diadakan dan bergantung sepenuhnya kepada Sang Ada.

Bersambung ............
------------------------------
Dikutip dari Artikel Abdul Hakim dalam Majalah Teofani-Yang Mengenal Dirinya, Yang Mengenal Tuhannya, edisi 01/I Syawwal 1431 H hal. 20


EmoticonEmoticon