Monday, October 11, 2010

Betulkah Pintu Ijtihad Sudah Tertutup ?

Ijtihad secara bahasa berarti bersungguh-sungguh. Secara istilah berarti mencurahkan segenap keilmuan untuk menggali hukum-hukum Islam yang belum ditemukan dasar hukumnya, dari dalil-dalil syara' secara terperinci.

Ada anggapan yang berkembang bahwa pintu ijtihad sudah tertutup. Karena ijtihad sudah cukup dilakukan oleh ulama-ulama zaman dahulu seperti 4 Imam Mazhab yaitu Imam Maliki, Imam Syafi'i, Imam Hanbali dan Imam Hanafi. Kelemahan pendapat ini adalah bila pintu ijtihad sudah tertutup berarti hukum Islam akan statis, stag, tidak berkembang dan bahkan tidak dapat menjawab problematika ummat Islam. 

Sebab, produk-produk hasil ijtihad 4 Imam Mazhab, bisa jadi sudah tidak relevan lagi dengan perkembangan zaman. Padahal Islam itu relevan untuk setiap zaman dan tempat. "Al-Islamu shalihun likulli zaman wa makan".

Oleh karena itu, sudah semestinya bahwa pintu ijtihad akan senantiasa terbuka sepanjang masa, untuk menjawab problematika ummat Islam yang selalu berkembang dan mengikuti perkembangan zaman.

Belum lagi, bila kita mengikuti fatwa dan ajaran seorang ulama mujtahid manakah yang lebih utama ? Ulama mujtahid yang telah meninggal dunia ataukah ulama mujtahid yang masih hidup ? Yang lebih utama adalah mengikuti fatwa dan ajaran ulama-ulama mujtahid yang masih hidup dan sezaman dengan kita.

Siapakah ulama-ulama mujtahid yang layak dan wajib kita ikuti fatwa dan ajarannya ? yaitu para ulama mujtahid yang memang layak dan berkompeten menjadi mujtahid, zuhud, adil, tidak pernah berbuat dosa, mumpuni keilmuannya, bahkan ulama-ulama yang telah ditunjuk oleh para pendahulu atau guru-gurunya yang memang ulama mujtahid pula. 

Jangan sampai kita asal pilih, mengikuti fatwa-fatwa ulama secara sembarang untuk dijadikan pedoman dalam kehidupan kita. Jadi kita harus menjadi pengikut (muqallid) dan bertaqlid kepada para ulama mujtahid, karena kita orang biasa bukan tergolong muhtath apalagi mujtahid


Demikian postingan kali ini semoga bermanfaat, silahkan bila ada yang berkomentar atau menambahkan pendapat ......


EmoticonEmoticon