Monday, March 21, 2011

Pesantren NU Dijamin Tak Terlibat Terorisme

Prof. Dr. KH. Said Aqil SiradjKetua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) terpilih pada Muktamar ke-32 di Asrama Haji Sudiang Makassar, Sabtu (27/3), Prof Dr KH Said Aqil Siraj menjamin tidak ada satupun santri di lingkungan yang terlibat kegiatan terorisme. Dari  14.000 lebih pondok pesantren di lingkungan NU, sampai saat ini tidak satupun yang ditemukan terlibat dalam kegiatan terorisme.

Said Aqil Siraj menegaskan hal itu menjawab pertanyaan wartawan sesaat usai terpilih menjadi Ketua Umum PBNU periode 2010-2015. Said didampingi isteri dan rivalnya dalam pemilihan Ketua Umum Tanfidziyah PBNU Drs. Slamet Effendy Yusuf, menjelaskan maraknya kegiatan dan isu terorisme di tanah air sama sekali tidak ada kaitannya dengan pondok pesantren.

“Sekali lagi saya tegaskan, dijamin tidak ada santri pondok pesantren di lingkungan NU yang terlibat kegiatan terorisme. Karena kegiatan terorisme tidak sesuai dengan paham IslamAhlussunnah wal jamaah yang dianut oleh warga NU,” kata Said.

Said juga berjanji akan melanjutkan apa-apa yang sudah baik dilakukan oleh pendahulunya, KH Hasyim Muzadi. Terutama hubungan baik dengan dunia internasional, baik melalui hubungan informal maupun melalui konferensi internasional ulama atau ICIS, kata Said.

Pada putaran kedua pemilihan Ketua Umum Tanfidziyah, Said Aqil Siraj memeroleh 294 suara dari 495 suara sah, mengalahkan Slamet Effendi yang mendapatkan suara 201. (arm)

 

View the original article here


EmoticonEmoticon